-->

Connection South Garut With Love

Motivasi Menulis

Garut Selatan Segera Di Syahkan Pemprov Jabar Desak Kemendagri

http://www.infogarsela.com/2016/04/garut-selatan-segera-di-syahkan-pemprov-jabar-desak-kemendagri.html


Infogarsela.com - Persoalan pemekaran Garut Selatan menjadi daerah otonomi baru (DOB) kembali menyeruak. Kini disuarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat yang mendesak Kemendagri segera mengesahkan Garut Selatan menjadi DOB. Bahkan, termasuk untuk Bogor Barat dan Sukabumi Selatan, Kemendagri didesak melakukan langkah yang sama.

“Pemekaran Jawa Barat sudah ketinggalan dibandingkan Jawa Tengah apalagi Jawa Timur. Saat ini kita baru punya 27 kabupaten dan kota, ditambah tiga lagi, baru 30. Kami berharap Kemendagri segera mendahulukan DOB di Jabar,” ujar Wagub Jabar Deddy Mizwar usai dengar pendapat dengan rombongan DPD RI, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Senin (18/4/2016).

Menurutnya, ketiga daerah itu sudah memungkinkan untuk dimekarkan. Namun diakuinya hal yang paling penting sebelum dilakukan pemekaran adalah batas wilayah serta pembagian aset. “Jangan seperti Tasikmalaya dan Bekasi yang bertahun-tahun baru selesai, dan ada aset yang diperebutkan malah jadi tidak digunakan apa-apa,” kata Wagub.

Deddy berharap tiga daerah itu menjadi prioritas dari 50 daerah se-Indonesia yang tahun ini akan dimekarkan. “Se-Indonesia ada 940 wilayah yang akan dimekarkan, dan tahun ini hanya 50,” ungkapnya.

Sementara menurut Ketua Komite I DPD RI Ahmad Muqowam, tiga daerah di Jabar sudah masuk penggodokan di DPR untuk pemekaran tahun ini. Namun belum dapat dipastikan apakah lolos atau tidak. Pemerintah, menurutnya, sedang menggodok PP (Peraturan Pemerintah) 78 tentang cara pembentukan daerah otonomi baru. Peraturan tersebut perlu diubah, karena perubahan undang-undang 32/ 2004 menjadi 23/2014.



“Salah satunya yang perlu dimasukkan adalah norma tentang daerah persiapan,” kata Ahmad seraya menambahkan, nantinya akan dibentuk pemerintahan sementara selama tiga tahun di daerah otonomi baru. “Akan dilihat baik atau tidak. Kalau itu lolos jadi daerah otonomi baru. Dengan adanya aturan itu, 50 daerah yang dimekarkan tahun ini baru bisa benar-benar terpisah dari daerahnya yang lama pada 2019.” ***







Editor : @rizalduh
Sourche : Gosipgarut
Labels: Berita Garut, Garut Selatan

Thanks for reading Garut Selatan Segera Di Syahkan Pemprov Jabar Desak Kemendagri. Please share...!

0 Komentar untuk "Garut Selatan Segera Di Syahkan Pemprov Jabar Desak Kemendagri"
Back To Top