-->

Connection South Garut With Love

Motivasi Menulis

Pengalaman Berkesan Mendaki Gunung Guntur Garut

Infogarsela - Umumnya pengalaman mendaki gunung pertama adalah yang paling berkesan. Mumpung weekend, cobalah mendaki Gunung Guntur di Garut. Walaupun sulit, namun pengalaman yang didapat akan sangat membekas

Ini adalah pengalaman pertama saya  naik gunung. Gunung yang kali ini saya daki adalah Gunung Guntur yang Terletak di kabupaten Garut dengan tinggi kurang lebih 2.249 Mdpl.

Perjalanan dari kaki gunung dimulai sekitar pukul 13.00, dimulai dengan menelusuri jalan datar berbatu menuju pos awal. Kita bisa menumpang truk yang tiap harinya hilir mudik mengangkut pasir di area bukit. Setelah itu dimulai pendakian sesungguhnya.

Gunung ini cukup extreme sebenarnya dan tidak disarankan bagi pemula. Pendakian cukup terjal karena memang tidak dibuatkan rute khusus untuk ke puncak.

Bisa dilihat di gambar, hati-hati karena cukup licin juga. Untung saja bukan musim hujan, jadi agak aman. Pendakian belum selesai, sejenak kita istirahat sambil shalat azhar dulu sambil menunggu teman lain di belakang.

Hati-hati tersesat, karena di tengah jalan sudah ditutupi kabut sehingga kita tidak bisa melihat teman yang jauh di depan kita. Sambil menunggu kita berfoto dulu. Ada satu batu besar dengan posisi yang begitu bagus untuk berfoto.

Lanjut pantang menyerah menuju puncak. Jalan sudah cukup terjal dan berbatu. Sempat beberapa kali istirahat dulu untuk minum dan menunggu anak-anak yang tertinggal di belakang.

Jalur pendakian menuju puncak didominasi oleh semak-semak dan sudah dibuatkan rute khusus, sehingga tidak terlalu repot seperti jalur awal pendakian tadi yang berbatu. Akhirnya sampai juga di puncak gunung sekitar pukul 18.00 sore.

Tak mau terlewat, kita pun berfoto sejenak sebelum datangnya gelap malam. Langsung saja kita membuat tenda sebelum dinginnya malam menembus kulit kami. Memasang tenda di kelegapan malam dan desiran angin gunung.

Wuh dingin, masak mie, lumayan jadi sedikit hangat. Sambil cerita-cerita dulu sebelum menjelang tidur. Pukul 22.00 malam kita tidur.

Cukup aneh juga, seharusnya di puncak gunung kan dingin, tapi di puncak Gunung Guntur ini kami semua kepanasan. Ya, karena Gunung Guntur ini termasuk gunung aktif, jadi kita bisa merasakan panasnya isi gunung ini.

Pagi menjelang pukul 04.00 pagi hari masih gelap, kita sudah terbangun untuk menuju ke puncak yang lain. Pagi menjelang matahari terbit adalah momen yang kita tunggu untuk berfoto ria.

Baru kali ini saya bisa merasakan memijak bumi di atas awan. Terima kasih teman-teman semua, terutama sang pawang Abas yang care banget. Maklum, dia penghuni Garut dan kadang datang mendaki sendirian ke gunung ini untuk bertapa.

Wah, indahnya pemandangan alam di atas gunung dengan cuaca cerah seperti ini. Jadi ingin mencoba  mendaki gunung yang lain. Walau pun lelah diawal, tetapi ketika di puncak kita akan serasa bangga atas jerih payah kita tadi.

Pengalaman pertama mendaki gunung, Alhamdulillah bisa selamat sampai puncak. Ternyata hasil fotonya lumayan keren juga nih. Foto kenang-kenangan yang tak akan terlupakan.

Sampai pukul 08.00 pagi, kita pun bersiap merapikan barang-barang untuk pulang. Waduh, sepatuku sampai jebol gini. Jujur, kaki ini sudah hampir tidak kuat untuk berpijak, apalagi dengan jalan menurun seperti ini.

Untunglah rute pulang kali ini berpasir, dan saya bisa meluncur ke bawah sambil duduk. Biarlah celana kotor, yang penting bisa turun dengan cepat dan nyaman. Patut dicoba tapi tetap hati-hati ya. See You Guntur!
Labels: Wisata Populer Di Garut

Thanks for reading Pengalaman Berkesan Mendaki Gunung Guntur Garut. Please share...!