-->

Connection South Garut With Love

Motivasi Menulis

Mengenal Lebih Jauh Candi Cangkuang Di Kabupaten Garut Jawabarat


Infogarsela - Terletak di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, cagar budaya Candi Cangkuang berasal dari nama sebuah desa yaitu Desa Cangkuang. Adapun nama Desa Cangkuang berasal dari nama sebuah pohon yang bernama Pohon Cangkuang (Pandanus Furcatus) yang banyak terdapat di sekitar Makam Embah Dalem Arif Muhammad.
Saat mengunjungi situs ini, pengunjung akan terkesan dengan hawanya yang sejuk dan pemandangan yang alami karena di kawasan ini terdapat sebuah taman dan pepohonan teurep, beringin, dan randu yang berdaun rimbun. Gunung Haruman, Gunung Mandalawangi, dan Gunung Guntur yang menjulang tinggi, serta Situ Cangkuang yang berair tenang, membuat pemandangan di kawasan wisata cagar budaya kian eksotik dan eksklusif.

Di kawasan ini, terdapat sebuah museum kecil yang dibuka untuk umum. Di museum ini, terdapat koleksi barang-barang antik dan dua belas kitab kuno. Selain itu, terdapat juga dokumen-dokumen yang menceritakan tentang seluk-beluk candi, mulai dari proses penemuannya sampai proses pemugarannya.

Sekitar satu meter di sisi selatan candi, terdapat makam Embah Dalem Arif Muhammad. Konon, Embah Arif dan rombongannya merupakan utusan Kerajaan Mataram untuk memerangi VOC di Batavia (sekarang Jakarta). Karena kalah, mereka memutuskan tidak kembali lagi ke Mataram dan menetap di daerah Cangkuang yang masyarakatnya waktu itu telah memeluk agama Hindu.
Di kawasan wisata Candi Cangkuang terdapat fasilitas, seperti pusat informasi pariwisata, pramuwisata, masjid, museum, shelter-shelter, areal parkir, perahu untuk mengelilingi sekitar candi, taman, kios-kios cinderamata dan jajanan, serta toilet umum.
Bagi pengunjung yang ingin menginap, di kawasan ini terdapat wisma dan hotel dengan berbagai tipe.
Permalink: http://www.galamedianews.com
Labels: Berita Garut, Wisata Populer Di Garut

Thanks for reading Mengenal Lebih Jauh Candi Cangkuang Di Kabupaten Garut Jawabarat . Please share...!

Back To Top