-->

Connection South Garut With Love

Motivasi Menulis

Hari Ini Batu Akik Garut Untuk Souvenir KAA Dikirim ke Bandung


Infogarsela - Batu akik pancawarna dari Garut, Jawa Barat, yang akan diberikan sebagai souvenir Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) dikirim ke Bandung, Rabu (22/4/2015) ini. 

Ketua Paguyuban Lasminingrat Gemstone Yudi Nugraha mengatakan, batu akik tersebut berupa liontin sebanyak 120 keping.

"Insya Allah dikirim Rabu pagi. Rencananya akan dikawal langsung oleh Kapolres Garut," kata Yudi, Rabu (22/4/2015).

Ratusan keping batu mulia itu dibagikan gratis sebagai cenderamata bagi ibu negara peserta konferensi. Liontin tersebut berdiameter 3,5 cm dengan ketebalan 8 mm.

Masing-masing batu akik diikat oleh logam titanium berukir. Corak pancawarnanya bergambar mirip pemandangan di pantai, pegunungan dan awan, corak batang kayu, hingga lukisan abstrak.

"Selain itu juga, liontin batu akik ini dilengkapi dengan sertifikat yang dikeluarkan langsung oleh ahli geologi dari Bandung, Ir Sujatmiko. Dalam sertifikat itu akan disebutkan mengenai asal usul batu liontin," ujarnya.

Bahan yang dijadikan liontin berasal dari bongkahan batu seberat 60 kg. Batu tersebut merupakan hasil galian 2011 dari Gunung Kencana, Kecamatan Caringin.

Batu tersebut dibeli dari penggali sebesar Rp5 juta per kg atau totalnya sekitar Rp300 juta. Menurut Yudi, batu liontin ini diberikan dalam bentuk hibah.

"Kami ikhlas memberikannya. Tapi kalau dijual harganya Rp15 juta per keping," tandasnya.

sindonews
Labels: Batu Akik, Berita Garut

Thanks for reading Hari Ini Batu Akik Garut Untuk Souvenir KAA Dikirim ke Bandung. Please share...!

Back To Top