-->

Connection South Garut With Love

Motivasi Menulis

Mantap 120 Liontin Pancawarna Asli Garut Disiapkan sebagai Suvenir KAA

Ilustrasi: MI/Adi Kristan

Infogarsela - Batu akik jenis pancawarna asli Garut, Jawa Barat, akan menjadi suvenir bagi ibu negara dan delegasi negara peserta Konferensi Asia Afrika. Warga Garut telah yang terhimpun dalam Koperasi Paguyuban Lasminingrat Gemstone, menyediakan 120 batu akik yang dibentuk menjadi liontin.

Keseluruhan batu akik itu telah mendapat sertifikasi dari geolog yang dituakan di Bandung, Sujatmiko.

Ketua Paguyuban Lasminingrat Gemstone, Yudi Nugraha, menuturkan Sujatmiko akan memberikan pernyataan dalam lembaran kertas sebagai bukti batu yang dijadikan suvenir tersebut asli dari Garut, Indonesia.

“Pak Sujatmiko ini menorehkan tulisannya sendiri, kemudian dalam sertifikat itu dijelaskan soal batu akik terutama sejarah batu secara ilmiah, yang selanjutnya akan dijelaskan makna dari bongkahan alam itu” kata Yudi, kepada Metrotvnews.com, Sabtu (18/4/2015).

Menurut dia, warga Garut akan membentu batu akik itu menjadi liontin cantik. "Saat ini batu akik yang disiapkan sebanyak 120 biji dalam bentuk liontin dengan batangan dari perak atau titanium memakai ikat tali dari bahan kulit asli yang dibuat oleh pengrajin Garut, sejumlah itu  diberikan kepada delegasi hanya 109 biji, sisanya sebagai cadangan apabila ada batu yang rusak atau bentuknya tidak utuh," ujar Yudi.

Jika ditaksir dengan uang, suvenir batu akik ini bernilai sekitar Rp10 juta-Rp15 juta. Namun, warga Garut memberikan suvenir ini secara gratis guna memeriahkan acara istimewa, KAA. Hal ini mereka lakukan sebagai bukti kebanggaan warga Garut yang memiliki potensi sumber daya alam berharga hingga menjadi kenangan tersendiri bagi para kepala negara dan delegasi yang datang.
BOB Metrotvnews.com, Garut:
Labels: Batu Akik, Berita Garut

Thanks for reading Mantap 120 Liontin Pancawarna Asli Garut Disiapkan sebagai Suvenir KAA. Please share...!

Back To Top