-->

Connection South Garut With Love

Motivasi Menulis

Kejari Garut Didesak Usut Pungutan Biaya Ujian Nasional

Infogarsela - Sekjen Garut Governance Watch, Dedi Rosadi, mengatakan kasus dugaan pungutan biaya Ujian Nasional (UN) oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) terhadap peserta UN SMK diharapkan ditindaklanjuti dengan proses hukum.
Dedi mengatakan indikasi pelanggaran yang diduga dilakukan MKKS ini sudah sangat jelas. Oleh karena itu, katanya, pihak berwenang, dalam hal ini Kejaksaan Negeri Garut, diminta untuk turun tangan melakukan penyelidikan terhadap kasus dugaan pungutan liar tersebut.
"Kalau kasus ini tidak diproses secara hukum, akan menjadi preseden buruk, apalagi kasus serupa selalu terjadi tiap tahun. Harusnya pihak berwenang respons untuk melakukan penyelidikan. Kami mendesak Kejari Garut untuk bertindak," ujar Dedi, Sabtu (18/4).
Dedi mengatakan Kejari Garut tidak bisa tinggal diam dengan membiarkan kasus-kasus seperti ini terus terjadi. Sesuai tugas dan fungsi, katanya Kejari Garut harus menegakkan aturan mengingat hal ini sudah menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Disamping itu, sejumlah kepala sekolah dengan terang-terangan mengakui pungutan tersebut.
"Uangnya memang tidak dipungut langsung dari siswa, tapi dihitung berdasarkan per siswa dari kas dana lain, bahkan BOS. Dengan demikian bisa dibayangkan berapa dana yang bisa dikumpulkan dari pungutan tersebut mengingat jumlah siswa SMK yang menjadi peserta UN yang sangat banyak," tuturnya.
Desakan terhadap Kejari Garut supaya segera turun tangan untuk melakukan penyelidikan, kata Dedi, sengaja digulirkan karena saat pertama kasus ini muncul di media, Bupati dan DPRD Garut berjanji akan memanggil Dinas Pendidikan untuk meminta klarifikasi masalah ini. Namun pada kenyataannya, upaya Bupati dan DPRD Garut tersebut belum direalisasikan.
Sebelumnya, menyikapi pungutan biaya penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bupati Garut Rudy Gunawan langsung menginventarisasi sekolah-sekolah yang menyerahkan uang tersebut kepada Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).




http://jabar.tribunnews.com
Labels: Berita Garut

Thanks for reading Kejari Garut Didesak Usut Pungutan Biaya Ujian Nasional. Please share...!

Back To Top